Thursday, August 20, 2015

Research Student di Jepang - Part 1

Dalam beberapa bulan ini (April - Agustus 2015), saya telah menjalani kehidupan sebagai mahasiswa research student di University of Tsukuba. Konon katanya masa-masa "research student" adalah masa bulan madunya freshmen di universitas. Mungkin bisa dibilang begitu, karena saat research student masih belum banyak tuntutan dari lab maupun tugas-tugas kuliah. Padahal belum tentu seperti itu juga. Karena beberapa lab (termasuk lab saya) adalah lab yang sibuk bahkan untuk seorang research student sekalipun juga kecipratan sibuknya :))
Di tulisan ini saya membuat rangkuman kegiatan saya selama menjadi research student di University of  Tsukuba. Semoga bisa menjadi gambaran dan pertimbangan teman-teman ketika akan melanjutkan pendidikan S2 di Jepang melalui tahapan research student terlebih dahulu.

April 2015
Setibanya saya di Tsukuba, saya langsung bergabung dengan laboratorium. Hampir setiap hari saya menghabiskan waktu untuk membaca buku-buku di lab. Meski nggak semua ilmu yang dibuku bisa nyangkut di ingatan saya. Se-enggaknya itulah yang disarankan sensei, dengan tujuan agar saya bisa membiasakan kemampuan otak saya yang sudah sangat lama tidak bersentuhan dengan riset dan tulisan-tulisan ilmiah :D

Sebagian besar teman-teman angkatan saya penerima beasiswa monbusho di Tsukuba Dai menjalani kelas Japanese Intensive Course. Dari namanya aja udah ketahuan kan ini program untuk belajar bahasa Jepang secara intensif di kelas. Jadwalnya setiap Senin s/d Jumat dari jam 8:40 pagi hingga jam 15:00 sore. Jadi, sepulang dari kelas tersebut barulah mereka bisa ke lab untuk belajar, tapi waktunya tentu udah habis selama di kelas bahasa Jepang.

Saya sendiri nggak bergabung dengan kelas tersebut karena dari MEXT menempatkan saya untuk langsung menjalani kegiatan di lab sebagai research student. Belakangan saya tahu kalau sebenarnya sensei saya sendiri yang memilih saya untuk langsung menjalani program research student di lab-nya (sensei yang cerita sendiri ke saya). Beliau mengatakan hal tersebut kepada saya dengan alasan:
  • Saya tidak terlalu membutuhkan kemampuan bahasa Jepang yang sangat baik untuk mengikuti kelas-kelas di kampus. Bagi beliau, saya tetap bisa lulus hanya dengan bermodalkan bahasa Inggris saja. Yah... Insha Allah semoga aja beneran bisa begitu ya. Meskipun sebenarnya mungkin akan repot juga bagi saya sendiri jika tidak mengerti bahasa Jepang..
  • Beliau ingin saya lebih cepat untuk menjalakan riset di lab-nya karena otomatis jika saya mengambil kelas bahasa intensif maka saya akan terlambat sekitar 6 bulan untuk masuk ke program research di lab-nya. Btw, program kelas bahasa intensif tersebut dijalankan selama 6 bulan pertama masa research student.
Dengan tidak punya bekal kemampuan bahasa Jepang, saya, atas persetujuan sensei, mengambil kelas bahasa Jepang non-intensif di kampus. Ini tujuannya cuma untuk membantu saya berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari di Jepang. Kelas ini hanya 1 jam 30 menit setiap harinya. Sehingga nggak begitu menyita banyak waktu saya nge-lab. Padahal saya juga ngelab nggak rajin-rajin amat, sekitar jam 10 pagi - 9 atau 10 malam aja. Masih kalah dengan waktu ngelab temen-temen di lab saya ini mah. Mayoritas pulang jam 10 malam atau bisa lebih larut lagi. Tapi kayanya nggak ada yang sampe nginap dan tidur di lab. Jam 11 PM kayanya orang terakhir sudah pulang.

Mei 2015
Di bulan ini, saya jadi lebih sering diskusi dan meeting dengan sensei. Mungkin sekitar 2 kali dalam seminggu untuk membicarakan progress dan rencana riset saya. Setiap pertemuan itu, saya dapat beberapa target mingguan. Dan di setiap pertemuan, sensei dan saya membahas langkah apa yang akan saya lakukan untuk pertemuan berikutnya. Di bulan ini saya lebih banyak ngerjain literature review yang berkaitan dengan tema riset saya. So far, so good.
Semua ini semata-mata untuk membantu persiapan saya ujian masuk. Nanti rencana riset inilah yang akan saya presentasikan saat ujian masuk universitas.
Kebetulan di lab saya ini punya kebiasaan untuk membantu semua research student melakukan persiapan ujian masuk. Mulai dari membimbing latihan persoalan matematika, hingga persiapan rencana riset. Ada sekitar 4 orang yang dibimbing oleh lab saya terkait persiapan ujian masuk universitas. By the way, nggak semua lab lho yang kaya begini. Bahkan bisa saya bilang mayoritas di graduate school saya, calon mahasiswa (atau research student) mempersiapkan ujian masuknya secara mandiri. Belajar sendiri, nulis rencana riset sendiri. Gitu. Hehe... beruntungnya saya :)

Juni 2015
Saya sudah ngumpulin data sample di bulan ini. Sekalian ngelakuin simulasi untuk data-data yang bisa digunakan oleh public. Saya coba simulasi ke riset yang udah jelas-jelas berhasil. Untuk ngelihat sejauh apa tema riset saya cukup masuk akal untuk dikerjakan. Saya sampe ngulang-ngulang simulasi yang akan saya kerjakan tersebut, dan hasilnya saya diskusikan kepada sensei. Biar kalau ada yang salah, itu langsung ketahuan dan dapat masukan saran yang bagus buat persiapan riset saya.
Di bulan ini bertepatan dengan puasa Ramadhan, meski sedikit berat untuk membagi waktu antara ibadah dan belajar di lab. Lumayan sedih sebenarnya karena ibadah sunnah di bulan Ramadhan saya kali ini mungkin tidak sebaik yang teman-teman kerjakan. Selain itu, terkadang saya tidak sempat tidur untuk karena takut kebablasan dan nggak bisa bangun untuk makan sahur. Yang parahnya adalah, kelas bahasa jepang saya mulai keteteran karena susah banget bangun untuk masuk kelas pagi. haha... Insha Allah kalau sempat akan saya tulis pengalaman berpuasa di Jepang.

Juli 2015
Saya berhasil merampungkan proposal riset saya di bulan ini, proposal riset baru yang pernah di sarankan sensei pembimbing untuk saya jalankan nanti selama di Jepang. Proposal ini bersamaan dengan dokumen-dokumen lain, saya kumpulkan dan saya serahkan ke bagian penerimaan mahasiswa untuk selanjutnya di proses. Sambil menunggu jadwal ujian masuk (Agustus 2015), saya mempersiapkan materi presentasi dan melanjutkan diskusi untuk mematangkan riset saya secara keseluruhan. Persiapannya lumayan sih, sensei saya dan senpai-senpai banyak bantuin persiapan untuk ujian masuk sampe-sampe saya rajin banget lembur di lab sampai menjelang subuh. Well, sebenernya pernah sampe rumah pas bener-bener subuh :))
Juli 2015 bertepatan dengan hari raya Idul Fitri, saya sempatkan untuk berkumpul dengan saudara-saudara muslim di Mesjid Tsukuba dan keluarga muslim Indonesia. Ini merupakan hari raya pertama saya tidak bersama keluarga di rumah, sedih memang, kangen tentu saja. Alhamdulillah teknologi komunikasi sekarang sudah canggih, jadi bisa sungkeman virtual via video call. Ditambah lagi lontong opor buatan ibu-ibu Indonesia di Tsukuba bisa sedikit menghapus rindu makan masakan rumah. Bagi saya, lebaran cuma berasa pas di moment itu aja. Sehabis itu, di hari yang sama bahkan, saya melanjutkan aktivitas seperti hari-hari biasanya. Ngelab, bikin report, dan progress update layaknya hari biasa aja.

Agustus 2015
Ada yang bilang ujian untuk MEXT scholars itu formalitas aja. Aih siapa yang bilang? Ini saya nggak setuju sama sekali. Karena di ujian masuk universitas, kita benar-benar bersaing dengan calon mahasiswa lain. Jadi persiapan yang baik akan memperbesar peluang kita untuk dapat diterima di universitas.
Ujian masuk universitas dimulai tanggal 19 Agustus, saya kebagian jadwal di hari pertama. Dan coba tebak, saya juga yang pertama dipanggil untuk presentasi riset proposal di hari itu. Saya sudah banyak persiapan untuk presentasi ini, berulang-ulang presentasi di depan temen, sensei, atau kadang latihan presentasi sendirian. Selain itu, saya juga bikin question answer prediction untuk pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan, dan script presentasi yang saya bisa saya hafal (bukan dihafal 100% juga ya, kalau kitanya paham bakalan gampang buat presentasi).
Hari H ujian masuk universitas, saya ganteng banget kayanya. Pake baju rapi, pake dasi. Nggak pernah-pernahnya begitu. haha. Saya masuk ke ruang ujian. Ada 5 orang professor di depan saya. Saya sama sekali nggak nervous, takut atau apalah. Saya santai banget malah. Professor yang pertama minta saya perkenalkan diri sambil dia cek data pribadi saya yang saya submit ke kampus. Awalnya professor ini ngomong pakai bahasa Jepang, saya nggak mudeng dan bengong. Akhirnya dia sadar saya nggak bisa berbahasa Jepang dan bertanya dalam bahasa Inggris. Syukurlah...
Ujiannya total 30 menit dengan masing-masing 15 menit untuk presentasi proposal dan 15 menit untuk tanya jawab. Ahh, 30 menit itu rasanya cepet banget. Alhamdulillah saya puas dengan ujian saya waktu itu. Saat ini tinggal menunggu hasil ujiannya yang akan diumumkan pada bulan September 2015. Bismillah. Doakan yaa!

***
Ini cerita singkat saya dari April - Agustus 2015 sebagai research student di University of Tsukuba. Pengalaman research student bulan-bulan ke depan akan saya tuliskan dalam Part 2. Please enjoy and let me know if you have any inquiry :)

Research Student di Jepang - Part 2

26 comments:

Anonymous said... Reply To This Comment

Assalamualaikum mas teguh..
Perkenalin dulu mas, saya brian..
Saya udah baca beberapa postingan mas teguh mngenai beasiswa monbusho serta pngalam mas teguh sndiri yg luar biasa semangatnya dlm mndapatkan beasiswa itu :D
Nah, saya mau tanya mas.. Saya kan rncna pngin jga nih cari beasiswa di jepang ambil perkuliahan bahasa jepang tapi saat ini saya lgi kuliah S1 Teknik Informatika, kira-kira ada/bisa gak ya mas beasiswa di jepang tpi beda jurusan kya saya gtu?? Soalnya saya mulai tertarik dengan jepang, bahasanya serta kebudayaannya beru sekitar 4 bulan yg lalu, saya pngin lbih mndalaminya lagi mas

Mohon bantuannya ya mas hehe...
Arigatou gozaimasu

Teguh Budianto said... Reply To This Comment

@Brilian Yoga K Walaikumsalam wr wb. Hi, brian. Salam kenal.
Sejauh yang saya tahu, kebanyakan beasiswa disini "biasanya" punya syarat linieritas dengan bidang pendidikan sebelumnya. Kalaupun beda jurusan, biasanya nggak jauh-jauh banget dengan jurusan sebelumnya. Jadi saya nggak bisa kasi info soal ini nih. Emang kenapa mesti pindah jurusan? Kalau untuk belajar bahasa dan budaya mungkin bisa dilakukan pas sudah di jepang. Tapi emang sih nggak bisa terlalu intensive.

Anonymous said... Reply To This Comment

Iya sih mas, dri bnyak info yg saya baca jga berkata demikian hehe...
Kenapa ya.. Duh pnjang klu di critain mas haha.. #halah
Nah mas, saya pingin tau lebih jelas lagi mngenai research student tu, jdi research student di sana tu kita membantu professor di universitas trkait melakukan penelitiannya gtu apa gmna mas?? Jujur saya msih kurang paham mas hehe..
Satu lagi mas, mas teguh kan jga ambil jurusan IT ya klu gak salah? Nah yg di lakuin mas teguh di penelitian di sana tu kya gmna mas klu boleh tau??

Maaf bnyak tanya ya mas hehehe... :')

Teguh Budianto said... Reply To This Comment

@Brilian Yoga K Hehe Baiklah, saya mengerti kondisinya.
Bukan membantu sebenarnya, kita lebih banyak belajar di lab saat research student. Materinya apa-apa saja itu tergantung dari professor sendiri. Ada yang ambil kelas mesti tidak dihitung kreditnya, ada yang hanya berlatih eskperimen, ada yang persiapan utk program reguler, dll.
Saya penelitiannya masih permulaan saja, lebih banyak memahami paper serta latihan-latihan re-implement paper tsb, ditambah mungkin tugas programming dari professor saya. Good luck!

Unknown said... Reply To This Comment

Assalamualaikum mas teguh. Sebelumnya perkenalkan saya Yuliana, akan exchange ke Tsukuba Uni tanggal 13 oktober 2015 ini. Salam kenal ya. Oh iya, apakah exchange student wajib tinggal di dormitory?

Teguh Budianto said... Reply To This Comment

@Yuliana Farkhah Walaikumsalam wr wb. Hi, Yuliana! Saya kurang yakin juga nih, pilihan tempat tinggal itu sebenernya dikembalikan lagi kepada kita inginnya tinggal dimana.
Tapi, kalau saran saya. Sebaiknya awal-awal datang kesini manfaatkan dormitory kampus saja biar nggak repot. Nanti begitu sudah 1-2 bulan kalau ingin pindah jadi lebih gampang ngurusin ini itunya. Anyway, sampai ketemu di Tsukuba ya! :)

Ahsan said... Reply To This Comment

assalamualakum mas Teguh, mau tanya, ipk S1 saya 3,14, saya berencana mendaftar reasearch student monbukagakusho, apakah dengan ipk segitu dapat lolos seleksi dokumen?

Teguh Budianto said... Reply To This Comment

@muhammad ahsan Walaikumsalam wr wb. Di persyaratannya disebutkan IPK > 3.00. Jadi saya rasa tidak ada masalah jika sudah melewati batas IPK minimum. Lagipula penilaian dari Monbusho pasti juga tidak hanya bergantung pada IPK yang tinggi saja, tetapi faktor-faktor lain juga berpengaruh; contoh seperti pengalaman riset, atau riset proposal yang bagus. Good luck!

twentyfirstof3 said... Reply To This Comment

wah.. jadi penasaran nih sama kelanjutan ceritanya. hmm karena namanya research student pastilah kerjaannya fokus ke riset ya?
mungkin pertanyaan saya tahun lalu sudah bisa dijawab ka, untuk riset yang dilakukan pada saat jadi research student apakah hasilnya hanya dipublish sebagai hasil research student saja (tidak ada kredit),atau sebagai bahan thesis untuk s2nya?

demikian ka, pertanyaan (lain lagi) dari saya. mohon maaf ya ka kalau saya banyak nanya. huhu..
sukses selalu untuk kaka dan ditunggu cerita selanjutnya hehe :)

Teguh Budianto said... Reply To This Comment

@Hidayah Anisa2Hi Anisa, iya sebagian besar aktivitas saya saya lakukan di lab. Saya hanya sekali ambil kelas dalam satu tahun saya sebagai research student, dan itupun kelasnya sensei saya sendiri.

Iya betul, tidak ada kredit untuk research student. Dan riset yg saya lakukan semasa research student dilanjutkan utk topik riset S2. Jadi kita sebagai research student tidak memulai riset dari 0 lagi saat masuk sebagai mahasiswa master :)

Good luck! Terima kasih sudah berkenan baca tulisan-tulisan saya.

Unknown said... Reply To This Comment

Selamat pagi mas teguh, aku excited banget baca kisahnya. karena memang saya berencana ikut beasiswa ini taun depan. (Sudah lulus skripsi tapi belum lulus kuliah hehe). dan rencana mau ke tsukuba juga.

mau nanya beberapa hal mas, dari yag aku baca mas teguh riset tentang AI ya, kalo boleh tau risetnya tentang apa mas? soalnya saya ada minat di bidang AI dan rencana riset saya besok juga tentang AI hehe.

terus untuk kondisi di tsukuba (cuaca, biaya hidup) disana gimana mas ??

terima kasih :)

Unknown said... Reply To This Comment

salam kenal mas Teguh...
baca blog nya mas saya makin tertarik buat coba beasiswa Monbushu ^_^ ...
saya tertarik buat coba Research student disana, oh ya mas saya mau tanya kalau udah selesai research nya boleh ga kita lanjutin ambil program s2 disana sekalian..

Terimakasih untuk mau menjawab ya mas
salam kenal dari Medan

Teguh Budianto said... Reply To This Comment

@Uly Christina Salam kenal kembali, silakan jika ada yang ditanyakan siapa tau saya bisa memberi sedikit bantuan.

Teguh Budianto said... Reply To This Comment

@Aditya Haryanov Hi, Aditya,
Terima kasih sudah bersedia untuk membaca tulisan saya. Saya risetnya dibidang game AI.

Untuk cuaca, Tsukuba tidak terlalu dingin saat musim dingin, jadi mungkin akan lebih mudah beradaptasi. Biaya hidup juga relatif lebih murah ketimbang kota-kota lain di Jepang semisal Tokyo, Nagoya, Osaka, atau Kyoto.

Good luck!

Unknown said... Reply To This Comment

perkenalkan kak..nama saya nurul dari makassar..
saya amat sangat membutuhkan bantuan kakak...
tolong beritahu saya berapa jumlah research student yang llus pada tahun 2015 ?? dan apakah saya bisa bertanya beberapa hal kak??
tolong bantu saya..

Teguh Budianto said... Reply To This Comment

@Nurul Arsytawati Hi,
Untuk RS tahun 2015, ada 35 orang yang lulus. Silakan jika ada yang ditanyakan.

Unknown said... Reply To This Comment

Perkenalkan sy merry,kebetulan sy jg mau apply di universitas tsukuba faculty of pure and applied sciences.
Sy msih kebingungan untuk membuat study plan..sy sdh buka dn silabusnya di web,tp sy msih bingung..untuk semester pertama sbg research student sy mau ambil apa..dn untk semester selanjutnya.menurut mas teguh apa aja yg sy tulis distudy plan sy..apakah boleh sy lihat study plan mas teguh?
Terima kasih bny..semoga ilmu kita bermanfaat bg orang lain dn membawa berkah.amienn.

Teguh Budianto said... Reply To This Comment

@Merry Pradhita salam kenal kembali. sepertinya tidak perlu dijelaskan sedetail itu mba tiap semesternya akan mengambil mata kuliah apa. kalau menurut saya seperti itu.
boleh tinggalkan emailnya? nanti saya kirimkan. good luck!

Afifah hana tsurayya said... Reply To This Comment

Permisi mas, untuk meloby profesor, apakah kita sendiri harus sudah memiliki research plan dengan judul yg sudah spesifik? Atau kita bisa istilahnya minta judul ke profesor yang topiknya kita minati?

Terima kasih

Sutami Suparmin said... Reply To This Comment

Assalamualaikum mas, mas boleh gak saya minta alamat emailnya? Saya sedang merencanakan research student seperti mas. Mohin bantuannya
Terima kasih

Adli Hadiyan Munif said... Reply To This Comment

halo mas.
perkenalkan, saya Adli Hadiyan Munif.

Saya baru saja lulus dari universitas dan berencana untuk mendaftar beasiswa MEXT ini juga tahun ini.

Saya ingin menanyakan perihal research student dan mahasiswa S2.
1) Apakah jika kita mendaftar sebagai research student berarti kita hanya bertindak sebagai mahasiswa bimbingan professor saja di universitas tsb?
2) Jika saya mendaftar sebagai research student, berdasarkan informasi dari situsnya, saya nanti dapat mendaftar untuk melanjutkan studi S2 dan S3, seizin professornya. Yang ingin saya tanyakan, jika saya ingin melanjutkan langsung ke S2, apakah sebaiknya saya mendaftar research student dulu atau langsung mendaftar untuk S2?
3) Pada situs resminya juga disebutkan bahwa dokumen yang dikirim ialah 1 rangkap dokumen asli dan 4 rangkap fotokopinya. Yang jadi pertanyaan saya, untuk sertifikat bahasa, apakah sertifikat aslinya yang saya kirimkan atau bagaimana ya? Karena hanya ada satu dokumen yang asli dan saya bingung jika saya kirimkan lalu tak ada pertinggal yang asli dengan saya.

Terima kasih perhatiannya.
Salam.

Indah said... Reply To This Comment

Assalamualaikum,slmat siang mas teguh. perkenalkan sy Indah.
Mas apa sy boleh minta contoh study plan dan personal statement nya mas teguh untuk sy jdikan sbg referensi?
email :upratiwiindah@gmail.com

dan mohon doannya ya mas, sy mau coba daftar monbusho di tahun 2019 ini.
Terimakasih banyak, smg mas teguh dalam keadaan sehat selalu.
Salam

Indah

Teguh Budianto said... Reply To This Comment

Hi All, saya sudah kirimkan ke emailnya ya! Good luck! Terima kasih juga sudah mendoakan saya. Salam.

Juwita said... Reply To This Comment

Hi, kak Teguh.
Aku ada rencana untuk ambil beasiswa MEXT tahun ini. Bolehkah aku tanya-tanya sedikit via email terkait beberapa hal?
Terima kasih.

Teguh Budianto said... Reply To This Comment

Hi @Juwita,
Iya silakan bisa langsung ditanyakan disini atau bisa tinggalkan email disini. Trima kasih!

Teguh Budianto said... Reply To This Comment

Walaikumsalam, salam kenal ya.
Biasanya riset bisa banget berubah begitu bergabung di lab, tergantung dari arahan professor. Tentu saja kamu punya hak untuk menyampaikan idemu. Riset pada dasarnya bisa sangat dinamis ya, jika tak terlalu bagus hasilnya sangat memungkinkan untuk merubah arah dari risetmu.
Salam.

Post a Comment